Kok Bisa? Ada Foto Raja Saudi Bareng Yoda di Buku Sejarah, Ternyata Ini Yang Terjadi


Republik.in ~ Dilansir dari detik.com, Sebuah foto yang memperlihatkan raja Arab Saudi Faisal bersebelahan dengan Yoda 'Star Wars' viral di media sosial. Akibat polemik foto itu, pejabat kementerian pendidikan Saudi beserta stafnya dipecat.

Foto tersebut awalnya muncul di buku sejarah di Arab Saudi. Terlihat karakter Yoda duduk di sebelah Raja Faisal yang tengah menandatangani Piagam PBB pada 1945 lalu.

Dilansir The Telegraph, Rabu (27/9/2017), foto hitam putih tersebut adalah karya seorang seniman asal Saudi bernama Abdullah al-Sheri. Dia mengatakan memang sengaja menggabungkan foto Raja Faisal dengan Yoda karena memiliki beberapa kesamaan.

"Saya yang merancangnya tapi bukan saya yang memasukannya ke dalam buku ini. Dia (Raja Faisal) bijak dan selalu kuat dalam pidatonya. Jadi saya menemukan bahwa Yoda adalah karakter terdekat dengan raja. Dan juga Yoda dan pedangnya yang terang, semua hijau. Sama dengan bendera Saudi. Saya sama sekali tidak menyinggung raja," kata Sheri saat diwawancarai.

Sheri baru tersadar fotonya tersebut masuk ke dalam buku sejarah saat sang ibu mengiriminya sebuah foto. "Saya sama sekali tidak menyinggung raja," ujarnya.

Selain foto tersebut, ada kesalahan lain pula yang terdapat dalam buku sejarah tersebut. Akibatnya, pejabat di kementerian pendidikan Saudi bernama Mohammed bin Attiyah al-Harthi dan stafnya dipecat.

Pemecatan tersebut dilatarbelakangi karena Attiyah bertanggung jawab atas kurikulum pendidikan di Saudi. Sementara pejabat lainnya yang dipecat juga bertugas meninjau dan menyetujui buku teks tersebut.

Baca Berita Unik Lainnya di sini:

ADA BERITA UNIK DAN MENARIK SCROLL KE BAWAH www.REPUBLIK.in
Sumber Berita : detik.com
close
Berita Islam