Cara Termudah Bedain Bakso Sapi & Babi, Wajib Waspada


Republik.in ~ Heboh berita HOAX yang menimpa warung bakso Kumis Permai di Bekasi yang dituduh menggunakan daging babi menimbulkan efek yang dahsyat. Pertama, pecinta bakso Kumis jadi takut makan bakso di sana. Bahkan secara umum jadi parno makan bakso. Takut makan bakso dengan daging babi. Kedua, omset dagangan bakso Kumis pun menurun drastis sampai 50 %. Ketiga, nama baik dan reputasi pemilik warung bakso ini pun jadi hancur dan sulit untuk dipulihkan. Semua kerugian ini hanya disebabkan broadcast berita HOAX! Sadis banget nggak sih.

Kamu jangan mudah termakan berita HOAX ya. Untuk itu sebaiknya kamu tahu cara membedakan bakso daging sapi dan daging babi agar nggak gampang kena berita bohong. Kalau kamu bisa mengeceknya sendiri, kamu malah bisa selektif memilih bakso yang benar-benar halal. Begini caranya membedakan bakso sapi dan babi. Sulit memang tapi kita tetap harus tahu cirinya.

Dilansir dari Merdeka.com dan Tribunnews.com, Ada 4 ciri yang bisa kamu perhatikan. Yuk simak…

AROMA BAKSO BABI

Pertama, kamu bisa cek dari aroma baksonya. Bakso babi biasanya aromanya sangat amis dibandingkan bakso sapi.

Aroma bakso daging babi cenderung amis. Pada restoran yang menjual bakso babi, akan kental sekali dengan aroma amisnya lemak. Amis di sini maksudnya berbeda dengan amisnya ikan. Lebih ke arah aroma yang terasa 'tebal' di hidung.

HARGA BAKSO BABI

Anda patut mencurigai harga bakso yang dijual murah di pasaran. Bakso oplosan yang dijual pasaran itu bisa saja mengandung babi karena dijual murah. Bakso oplosan biasanya dijual seharga Rp. 300 hingga Rp. 1.500 per butir, sesuai ukuran. Sedangkan, bakso sapi ukuran terkecil biasanya dijual dengan harga Rp. 1000 per butir. Agar tidak tertipu bakso tersebut mengandung babi atau tidak, alangkah baiknya membeli bakso yang sudah dikemas saja dan terdapat tulisan halalnya.

WARNA BAKSO BABI

Perbedaan kedua terlihat pada warna bakso di bagian dalamnya. Warna bakso daging babi cenderung berwarna sedikit merah muda. Kalau baksonya adalah bakso kasar, lebih kelihatan lagi karena serabut-serabut dagingnya berwarna putih kemerah-mudaan. Sementara bakso daging sapi, warnanya lebih merah kecoklatan atau merah keabu-abuan.

TEKSTUR BAKSO BABI

Perbedaan yang menonjol adalah pada teksturnya. Bakso babi memiliki tekstur yang lembut dan berminyak. Akan terasa saat kita mengirisnya. Sementara bakso sapi lebih kerasa 'kress'nya, lebih kenyal. Apalagi jika bakso sapinya murni memakai daging sapi. Akan terasa sangat berbeda.

Sayangnya, para penjual yang 'nakal' pun ingin meraih pembeli sebanyak-banyaknya dengan cara yang tidak benar. Bakso yang dijual adalah bakso sapi. Tetapi kuahnya diberi lemak babi sehingga terasa lebih gurih dan aroma lemaknya lebih tajam.

Untuk mengasah kemampuan membedakan bakso sapi dengan bakso babi ini memang tidak mudah. Perlu pengalaman dan kebiasaan. Tetapi jika kamu tidak yakin, cobalah minta teman yang memang diperbolehkan makan daging babi untuk memberikan penilaian.

Menurut saya, jika ingin menjual bakso babi sebaiknya ditulis secara jujur saja bahwa makanan tersebut memang mengandung daging babi. Toh, kedua-duanya sama-sama memiliki segmen peminat yang berbeda. Lebih baik jujur, daripada mengelabui konsumen.

Baca Berita Lainnya Tentang Islam dan Agama di sini :

Like Facebook Seputar Islam dan Agama :

Join Channel Telegram Berita Islami :

Follow Twitter Berita Unik Tanpa Politik :

ADA BERITA UNIK DAN MENARIK SCROLL KE BAWAH www.REPUBLIK.in
Sumber Berita : merdeka.com dan tribunnews.com
close
Berita Islam