Pengadilan Saudi Terima Gugatan Pembunuhan Terhadap Semut, Inikah Hadistnya?

Salah satu jenis semut. Semut Panda

KisahUmat.com ~ Seorang pria Arab Saudi dilaporkan telah mengajukan tuntutan hukum terhadap pria yang membunuh semut delapan tahun lalu. Uniknya, pengadilan pun menerima pendafataran gugatan tersebut meski hasilnya berakhir dengan kekecewaan bagi pihak penggugat.

Penggugat yang identitasnya dilindungi pihak pengadilan nekat mengajukan tuntutan hukum terhadap seorang penduduk yang menginjak semut dengan sengaja.

Menurut penggugat, tindakan itu “tidak patut dicontoh berdasarkan ajaran Islam”.

“Semut adalah satu dari satu makhluk hidup Allah dan memiliki hak untuk hidup,” kata penggugat yang menuntut hukum syariah Islam ditegakkan terhadap pembunuh semut.

Hakim pengadilan, Mohammed al-Fayez, yang menerima kasus ini mengatakan, ”Klaim Anda diterima dan sebagai pengacara semut, jelas bagi saya bahwa ketika Anda mengajukan kasus ini, Anda tidak memberikan kontrak pengacara yang sah dari orang tua semut yang dibunuh oleh terdakwa,” jawab  hakim al-Fayez.

”Dengan demikian, kasus tersebut tidak dapat dilanjutkan kecuali individu yang bersangkutan hadir atau memiliki pengacara yang sah,” lanjut hakim, seperti dikutip Al Arabiya Senin (9/10) malam.

Hakim kemudian meminta penggugat untuk membawa kontrak pengacara yang sah dari orang tua semut. Jika sudah melakukannya, pengadilan akan meminta terdakwa untuk datang.

Sang penggugat itu pun terkejut dengan jawaban hakim, dan lantas tidak memberikan tanggapan apapun selain meninggalkan pengadilan.

Mungkin bagi penggugat hadist ini yang menjadi alasannya mengajukan ke pengadilan:

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang membunuh empat hewan: semut, lebah, burung Hudhud dan burung Shurad.” (HR. Abu Daud no. 5267, Ibnu Majah no. 3224 dan Ahmad 1: 332. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Baca Berita Lainnya Tentang Islam dan Agama di sini :

Like Facebook Seputar Islam dan Agama :

Join Channel Telegram Berita Islami :

Follow Twitter Berita Unik Tanpa Politik :

ADA BERITA UNIK DAN MENARIK SCROLL KE BAWAH www.KisahUmat.com
Sumber Berita : eramuslim.com
close
Berita Islam