Terungkap, Kenapa Makam Mengeluarkan Darah dan Bau Menyengat, Ini Alasannya

Salah satu makam di TPU Bukit Damai Sentosa yang diduga mengeluarkan darah. (Dani/Balikpapan Pos/Prokal.co/JawaPos.com)

Republik.in ~ Aneh tapi nyata. Kalimat tersebut pantas disematkan untuk sebuah makam di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Bukit Damai Sentosa (BDS) Sungainangka, Balikpapan. Pasalnya, makam tersebut mengeluarkan cairan mirip darah.

Apa yang sebenarnya terjadi dengan makam tersebut, media ini pun mencari tahu kebenaran dengan mendatangi langsung lokasi yang dimaksud.

Komentar setiap orang yang mendengar kejadian makam itu pun menyebut aneh tapi nyata. Betapa tidak, sudah 24 hari usia kuburan MA, nama yang diinisialkan meninggal, terhitung sejak 15 September 2017 yang lalu. Kondisi makam dengan nisan kayu itu, baru beberapa hari ini mengeluarkan cairan merah dari dalam makam.

Entah apa penyebabnya dan bagaimana peristiwa itu bisa terjadi, warga mengaku bingung. Tapi warga di sekitar kerap mencium bau menyengat.

Makam mengeluarkan darah sebelumnya juga pernah  terjadi di taun 2012. Saat itu sebuah makam atau kuburan di TPU (Tempat Pemakaman Umum) Rorotan Malaka, Kelurahan Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara mengeluarkan cairan seperti darah dan bau amis.

Dikonfirmasi di tempat terpisah, seorang penjaga makam menanggapi fenomena kuburan berdarah yang juga pernah terjadi di tahun 2012. Menurutnya cairan yang keluar dari makam tersebut merupakan campuran air dengan lemak jasad yang dikubur.

"Itu merupakan fenomena biasa, cairan itu berasal dari lemak yang keluar dari jasad yang dikubur. Lemak yang bercampur air tanah menyebabkan cairan mirip darah, baunya pun amis," ujar salah satu petugas makam TPU Malaka I dan IV mengomentari kejadian di tahun 2012.


Kabid Pertamanan dan Pemakaman Hairul Ilmi saat dikonfirmasi membenarkan bahwa di area TPU BDS lokasi tempat makam berdarah (2017) ada saluran drainase di bagian bawah untuk aliran air saat hujan, namun imbas dari banyak makam yang dipasangkan batu nisan dan kijing membuat serapan air berkurang, sehingga air kerap meluber dan membasahi makam.

“Apalagi kondisi makam di TPU BDS sudah sesak, sehingga resapan air berkurang, kontur tanah TPU ini juga bercampur antara pasir dan tanah lempung,” terang Ilmi.

Warga sekitar makam yang melihat makam itu secara langsung mengatakan sangat kaget. “Ngeri eh mas, jadi nggak tega melihatnya,” singkat Winda warga Sungainangka.

Kejadian aneh itu tentu saja menimbulkan kasak-kusuk bagi warga dan orang yang datang melihat. Ada saja yang mengaitkannya dengan riwayat hidup almarhum.

Baca Berita Lainnya Tentang Islam dan Agama di sini :

Like Facebook Seputar Islam dan Agama :

Join Channel Telegram Berita Islami :

Follow Twitter Berita Unik Tanpa Politik :
ADA BERITA UNIK DAN MENARIK SCROLL KE BAWAH www.REPUBLIK.in
Sumber Berita : republik.in  dan jawapos.com
close
Berita Islam