Fenomena Bumi Berdengung Masih Bikin Ilmuwan Bingung, Bagaimana Suaranya ya?


KisahUmat.com ~ Dilansir dari viva.co.id, Ilmuwan geofisika Eropa untuk pertama kalinya berhasil merekam adanya dengungan bumi pada dasar laut. Ilmuwan memasang seismometer di dasar Samudera Hindia untuk merekam dengungan bumi tersebut.

Dengan merekam dengungan bumi pertama di dasar laut, ilmuwan secara signifikan memperluas pengetahuan dalam mendalami fenomena dengungan bumi. Rekaman dengungan bumi di dasar laut bukanlah hal yang mudah. Tim ilmuwan harus mengumpulkan sinyal dari beberapa seismometer dan menyaring semua suara lain yang terekam di dasar laut.

"Bumi terus bergerak dan kami ingin mengamati pergerakan ini. Sebab bidang ini menawarkan banyak data," jelas Gesofisika dari Paris Institute of Earth Physics, Martha Deen dikutip dari Phys, Senin 11 Desember 2017.

Rekaman dengungan bumi di dasar laut, dipandang bisa berguna untuk memetakan interior bumi secara lebih detail dan akurat.

Deen menuturkan, dengungan bumi yang terekam dari seismometer di dasar laut bisa memberi gambaran yang lebih lengkap dibanding pengukuran seismometer saja.

Laman Tech Times menuliskan, ilmuwan dunia memang sudah mencoba menguak fenomena dengungan bumi sejak beberapa dekade lalu. Pertama kali, ilmuwan tertarik dengan dengungan bumi pada 1959, dan mereka membuktikannya pada 1998.

Dengungan bumi memang tidak didengar oleh manusia, sebab getaran bumi ini muncul dalam frekuensi antara 2,9 sampai 4,5 milihertz yang tak bisa didengar manusia. Frekuensi itu 10 ribu kali lebih rendah dari suara yang bisa didengar manusia.

Meski berhasil merekam dengungan bumi di dasar laut Hindia, ilmuwan masih belum bisa memastikan dari mana sumber dengungan bumi itu muncul dan berasal.

Sejauh ini ada beberapa teori tentang sumber dengungan bumi, namun masih sebatas spekulasi dan dugaan. Pertama dengungan bumi muncul dari deburan gelombang laut yang membuat bumi bergetar dan akhirnya menciptakan dengungan. Ada juga yang meyakini dengungan ini akibat dari turbulensi di atmosfer bumi, operasi militer rahasia dalam bentuk aktivasi kapal selam. Bahkan ada yang mengaitkan dengungan bumi itu dengan teori konspirasi dan proyek terowongan bawah bumi, sampai ‘kerjaan’ dari alien.
ADA BERITA UNIK DAN MENARIK SCROLL KE BAWAH www.KisahUmat.com
Sumber Berita : http://m.viva.co.id/digital/986347-misteri-bumi-berdengung-masih-bikin-bingung-ilmuwan
close
Berita Islam